Akhirnya Update Windows 10 Ke Versi May 2019 (1903) - NAW_32
News Update
Loading...

Sunday, May 26, 2019

Akhirnya Update Windows 10 Ke Versi May 2019 (1903)

Seperti biasa tiap 6 bulan sekali Microsoft selalu merilis update besar-besaran (Major Update) untuk sistem operasi Windows 10. Seharusnya untuk update Windows 10 versi 1903 ini dirilis resmi pada bulan April 2019 yang lalu. Namun kala itu ada terdapat bug yang amat fatal, akhirnya rilis update ditarik kembali oleh Microsoft. Pada 21 Mei 2019, Microsoft merilis kembali secara resmi update Windows 10 versi May 1903 ke publik. Pada update terbaru ini tentu banyak sekali perbaikan pada sisi keamanan dan tambahan fitur-fitur baru.

Kali ini saya tidak akan mengajari cara update manual Windows 10 ke versi Mei 1903. Karena langkah-langkahnya sangat mirip seperti cara Update Windows 10 Versi October 1809 yang pernah saya tulis sebelumnya. Pertama anda download dulu Software Windows 10 Update Assistant dari Microsoft. Setelah terdownload, jalankan sofwarenya dan ikuti langkah updatenya. Jangan lupa untuk menyiapkan kuota data internet kira-kira sebesar 5 GB-an untuk download file updatenya. Awali dengan berdoa karena untuk update kali ini agak-agak gimana gitu.😂😂
Download Windows 10 Update Assistant  May 2019 (1903)
Download Windows 10 Update Assistant  May 2019 (1903)

Tidak seperti update-update sebelumnya, saya merasa untuk update Windows 10 1903 ini agak menjengkelkan. Menjengkelkan dalam arti jika pada update-update sebelumnya bisa dilakukan tanpa masalah dan lancar-lancar saja. Pada update kali ini saya sedikit menemukan sedikit masalah dan membutuhkan usaha yang lebih ekstra supaya update Windows 10 1903 bisa terinstal dengan baik di PC saya. Proses download update saya lalui dengan lancar. Ketika di cek oleh aplikasi Windows 10 update Assitant, spesifikasi hardware PC saya sudah sangat mumpuni untuk menerima update versi 1903. Namun sayang, ketika sudah sampai pada proses instalasi update muncul error yang menjengkelkan.
Windows 10 Update Assistant  May 2019 (1903)
Windows 10 Update Assistant  May 2019 (1903)

Hal menjengkelkan yang muncul ketika proses update Windows 10 ke Versi May 2019 (1903) adalah munculnya pesan error seperti dibawah ini:
This PC can't be upgaded to Windows 10
This PC can't be upgaded to Windows 10

This PC can't be upgaded to Windows 10
Your PC has a driver or service that isn't ready for this version of Windows 10. no action is needed. Windows Update will offer this version of Windows 10 automatically once the issue has been resolved.

Setelah itu muncul error code 0xc1900209

Bagaimana? Cukup menjengkelkan bukan? Baru kali ini saya menemukan masalah seperti ini ketika ingin update Windows 10.

Setelah browsing-browsing di internet, saya menemukan sebuah laman di Microsoft yang membahas masalah diatas. Ternyata masalah diatas disebabkan oleh drive reassignment yang kacau ketika proses instalasi update. Solusi yang disarankan oleh Microsoft adalah dengan mencabut semua USB drive seperti flashdisk, harddisk external, card reader atau perangakat media penyimpanan apapun yang masih menancap di port USB. Saya pun mencoba saran dari Microsoft tersebut dengan mencopot media apapun dari port USB dan mengulangi proses instalasi update kembali. Namun, sayang tidak membuahkan hasil, dan pesan error 0xc1900209 seperti diatas pun tetap muncul. Bahkan setelah PC direstart dan dicoba berkali-kali pun tetap error.

Setelah hampir putus asa, akhirnya saya pun mendapat semacam wangsit 😁. Entah dari mana wangsit itu datang, tapi yang pasti wangsit inilah yang berhasil mengatasi masalah update ini 👍. Oke, jadi Microsoft meyarankan untuk mencabut media apapaun yang terhubung ke port usb seperti memory card, HDD external, flash drive bahkan card reader sekalipun. Di bagian depan casing saya (front panel) terdapat beberapa port USB tambahan dan jack audio yang terhubung ke port input/output (I/O) motherboard via kabel. Beberapa tipe motherboard memang menyediakan port-port I/O USB tambahan yang bisa dihubungkan ke port-port USB pada casing PC.
Disconnect kabel USB I/O Front Panel
Disconnect kabel USB I/O Front Panel

Saya pun mencoba untuk mencabut kabel USB yang menghubungkan port USB pada casing depan PC ke port I/O USB pada motherboard. Begitu pula dengan kabel front panel audio, saya cabut dari I/O motherboard. Setelah itu PC saya restart dan mengulangi lagi proses instalasi update Windows 10 1903. Alhamdulillah, akhirnya pesan error 0xc1900209 tidak muncul lagi dan proses update berjalan dengan lancar.
Update Windows 10 Ke Versi May 2019 (1903) Sukses
Update Windows 10 Ke Versi May 2019 (1903) Sukses

Nah, itulah sedikit perjuangan dalam menginstall update Windows 10 ke Versi May 2019 (1903). Jika anda tidak menemukan masalah seperti diatas ketika proses update berarti anda harus bersyukur. Namun jika anda menemui masalah seperti diatas, coba terapkan cara yang disarankan oleh Microsoft dan trik tambahan dari saya tersebut. Semoga microsoft segera mengatasi masalah update ini.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done