(REVIEW) Mencoba Investasi Reksa Dana di Tokopedia - NAW_32
News Update
Loading...

Sunday, August 18, 2019

(REVIEW) Mencoba Investasi Reksa Dana di Tokopedia

Berawal dari status WA teman saya yang isinya pamer baru saja dapat dividen saham BBRI. Saya jadi penasaran dan ingin investasi saham. Tapi, jujur saja saya masih buta sekali soal saham. Setahu saya, jika ingin memulai investasi saham, yang perlu dilakukan pertama kali adalah membuka rekening sekuritas. Kemudian saya bertanya kepada teman saya, kira-kira untuk investor 'pemula' seperti saya cocoknya pakai sekuritas apa ya? Teman saya langsung menjawab, untuk investor pemula lebih baik jangan langsung ke saham, tapi cobalah investasi yang tidak ribet dan minim resiko seperti reksadana misalnya. Teman saya menyarankan untuk membuka reksadana lewat aplikasi e-commerce seperti Tokopedia atau Bukareksa (Bukalapak) saja yang tidak ribet.

Atas saran teman saya tersebut, akhirnya saya meniatkan diri untuk mencoba investasi reksadana. Untuk coba-coba ini, awalnya saya bingung mau investasi reksa dana di Bukalapak atau Tokopedia. Setelah dipikir-pikir akhirnya saya memilih Tokopedia saja. Alasan untuk memilih Tokopedia karena sepertinya tidak ribet dan saya sudah terbiasa dengan aplikasi Tokopedia. Namun, pilihan produk reksadana di Tokopedia sangat terbatas bila dibanding Bukalapak. Di Tokopedia hanya disediakan dua produk Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) yaitu Syailendra Dana Kas dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra. Baik Tokopedia ReksaDana maupun BukaReksa, keduanya menggunakan platform dari Bareksa.

Perlu anda ketahui, Reksadana Pasar Uang adalah jenis reksadana yang paling minim resikonya jika dibandingkan dengan Reksadana Obligasi dan Reksa Dana Saham. Boleh dikatakan resiko investasi pada RDPU adalah 0%. Dengan resiko yang sangat kecil ini, tentu memiliki keuntungan (return) yang kecil pula. Pada aplikasi Tokopedia sendiri menyebutkan bahwa keuntungan produk RDPU nya maksimal hingga 7% per tahun, bisa naik, bisa turun. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Reksadana Saham yang bisa mencapai keuntungan 15% per tahun bahkan lebih. Namun, dengan keuntungan yang besar pada Reksadana Saham, tentu resikonya juga besar (High Risk, High Return). Jadi jika anda ingin sekedar menyimpan /menabung uang dan ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dari deposito di bank, maka Reksadana Pasar Uang adalah pilihan yang tepat. Oh iya, kenapa RDPU masih menguntungkan dibanding deposito? Karena pada RDPU tidak dipotong biaya pajak.

Proses Pendaftaran Tokopedia ReksaDana


Cara daftar Tokopedia Reksa Dana boleh dikatakan sangat mudah. Anda hanya memerlukan KTP dan tanda tangan digital anda (digital signature). Untuk memulai anda bisa membuka aplikasi atau website Tokopedia. Kali ini saya menggunakan applikasi tokopedia.

Pada app Tokopedia silahkan cari menu bagian 'Keuangan", kemudian pilih Reksa Dana.
Reksa Dana Tokopedia
Reksa Dana Tokopedia

Pada menu Tokopedia ReksaDana, silakan pilih 'Daftar Reksadana Sekarang'.

Kemudian anda akan diminta untuk mengisi Informasi Pribadi, upload foto KTP, dan tanda tangan. Jika sudah centang 'Syarat dan Ketentuan' dan klik 'Kirim Pengajuan'.
Proses Pendaftaran Tokopedia ReksaDana
Proses Pendaftaran Tokopedia ReksaDana

Proses pendaftaran biasanya memakan waktu maksimal 2 hari kerja. Karena saya mendaftar pada hari Sabtu, 13 Juli 2019, maka kemungkinan pendaftaran saya akan disetujui maksimal pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2019. namun, pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019, pendaftaran saya sudah disetujui dan bisa memulai investasi.

Jangan Lupa Untuk Aktivasi Akun Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) KSEI


Jika anda pertamakali menjadi seorang investor, entah itu reksadana, obligasi, saham dan lain-lain. Maka anda juga akan mendapatkan ID Single Investor Identification (SID). SID ini semacam nomor KTP tapi untuk investor. Jadi satu orang hanya akan mendapatkan satu SID. Nomor ini dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Fungsi KSEI ini akan merangkum berbagai kegiatan investasi yang anda lakukan, mulai dari pembelian, jumlah saldo portofolio, mutasi dan lainnya. 
Single Investor Identification (SID) dari KSEI
Single Investor Identification (SID) dari KSEI

Jadi seumpama Tokopedia bangkrut nih, kita tidak perlu panik, semua saldo portofolio kita tetap aman karena tercatat di KSEI. Untuk aktivasi AKSes KSEI, biasanya anda akan mendapatkan email dari KSEI. Anda tinggal membuka link yang dikirimkan oleh KSEI kemudian melakukan aktivasi.


Memulai Investasi di Tokopedia ReksaDana


Setelah proses pendaftaran sudah beres, kita bisa memulai investasi Reksadana di Tokopedia. Ada dua produk Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) yang bisa kita pilih yaitu Syailendra Dana Kas dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra. Untuk percobaan awal kali ini saya memilih produk RDPU Syailendra Dana Kas, dengan investasi awal sebesar Rp100.000,-. Cara membeli Reksa Dana di Tokopedia sangatlah mudah, seperti ketika kita belanja online pada umumnya. Anda bisa membeli dengan cara klik 'Beli Reksa Dana', kemudian pilih produk Tokopedia ReksaDana yang ingin anda beli. Contohnya saya ingin membeli produk reksadana Syailendra Dana Kas.

Setelah memilih produk reksadana, silakan masukkan jumlah nominal yang anda beli. Pada Tokopedia reksadana, minimum jumlah pembelian adalah Rp10.000.

Kemudian untuk metode pembayaran, layaknya belanja online, disediakan beberapa pilihan metode. Kali ini saya membayar menggunakan OVO cash. kemudian klik 'Beli Reksa Dana'. 
Pembelian Reksa dana di Tokopedia
Pembelian Reksa dana di Tokopedia

Pembelian reksadana akan dikonfirmasi dan masuk ke Tokopedia maksimal 2 hari kerja

Keuntungan (Return) ReksaDana Tokopedia


Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya berapa sih keuntungan investasi di Reksadana Tokopedia? Ketika saya berinvestasi Rp100.000 di Syailendra Dana Kas yang memiliki rata-rata keuntungan 5,826% per tahun (ketika review ini dibuat). Saya mendapat keuntungan kira-kira Rp17 per harinya. Setelah beberapa hari, saya lupa tepatnya. Saya kembali melakukan To-Up atau pembelian kembali Reksadana Syailendra Dana Kas sebesar Rp6.899.949 (supaya genap jadi Rp7.000.000).
Top-Up saldo Tokopedia ReksaDana
Top-Up saldo Tokopedia ReksaDana

Dengan uang Rp7.000.000 di Syailendra Dana Kas, saya mendapat keuntungan kira-kira Rp1.200-an per harinya. Kemudian saya top-up lagi Rp2.000.000, sehingga totalnya menjadi Rp9.000.000. Dengan jumlah portofolio Rp9.000.000, keuntungan per hari mencapai Rp1.500-an. Sayang sekali saya tidak berlama-lama menyimpan portofolio saya yang berjumlah Rp9.000.000 di Tokopedia ReksaDana, muungkin cuma sehari saja ngendon di sana. Jadi jika dihitung-hitung saya hanya menggunakan ReksaDana Tokoedia kurang dari 1 bulan atau bahkan kurang dari 15 hari, dari mulai top up saldo perdana hingga penarikan.
Portofolio Tokopedia Reksadana
Portofolio Tokopedia Reksadana

Penjualan/Penarikan Saldo Tokopedia ReksaDana ke Rekening Bank


Proses penjualan ReksaDana Tokopedia sampai masuk ke rekening Bank tidak seribet yang anda bayangkan. Biasanya penjualan reksa dana bisa memakan waktu 3-7 hari kerja sampai masuk ke rekening bank kita. Di Tokopedia ReksaDana, proses penjualan hingga saldo masuk ke rekening hanya butuh waktu hitungan menit, atau jika anda sedang apes bisa memakan waktu maksimal 1 hari kerja saja.

Pada tanggal 30 Juli 2019, saya mencoba untuk menjual semua portofolio reksadana di Tokopedia. Prosesnya cukup mudah. Tinggal tap tombol 'Jual Reksa Dana', kemudian tentukan Nominal reksa dana yang ingin anda jual.
Proses penjualan portofolio Tokopedia Reksadana
Proses penjualan portofolio Tokopedia Reksadana

Setelah reksa dana dijual, hasilnya akan masuk ke Saldo Tokopedia dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Dari saldo Tokopedia uang anda bisa anda tarik ke rekening bank. Kemudian, saya mencoba menarik saldo Tokopedia ke rekening BNI Syariah dan langsung masuk.
Proses penarikan saldo Tokopedia ke rekening bank pribadi
Proses penarikan saldo Tokopedia ke rekening bank pribadi

Proses penjualan ReksaDana Tokopedia hingga saldo masuk ke rekening bank kita hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit saja. Dengan catatan penjualan dan penarikan reksadana dilakukan pada hari dan jam kerja.

Kesimpulan


Karena semua produk ReksaDana di Tokopedia adalah Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), yang mana mempunyai karakteristik/profil resiko yang kecil namun dengan keuntungan yang kecil pula. Reksa dana jenis ini sangat cocok untuk anda yang hanya ingin sekedar menyimpan uang atau nabung, namun ingin mendapat keuntungan bunga yang lebih besar dari deposito bank. Anda tidak perlu memikirkan resiko, karena RDPU memiliki kecendrungan selalu naik. Anda tinggal nabung rutin dan tidak perlu was-was portofolio anda jadi minus dan sebagainya. Kemudahan dan kecepatan dalam penjualan/penarikan portofolio ReksaDana Tokopedia menjadi nilai plus bagi saya karena misalnya saya sedang butuh uang mendadak, saya bisa mencairkan portofolio saya kapan saja dalam waktu singkat.

Harapan saya mungkin kedepannya tokopedia bisa menambah produk-produk Reksa dananya. Banyak sekali produk-produk reksadana yang keren di luar sana. 

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done