Manfaat Lycopene (Likopen) dalam Tomat - NAW_32
News Update
Loading...

Tuesday, November 25, 2014

Manfaat Lycopene (Likopen) dalam Tomat

Akhir-akhir ini saya gemar sekali mengkonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan saya sering naik motor dan mau tidak mau saya harus terpapar oleh polutan yang bersifat radikal bebas. Radikal bebas yang saya dapat dari jalanan pasti lama kelamaan akan merusak tubuh saya. Bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan, muka cepet tua bahkan yang paling keren bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu saya berusaha mencari makanan yang mengandung senyawa antioksidant yang tinggi. Nah, ternyata buah tomat mengandung senyawa yang bersifat anti-oksidan bernama Lycopene/ Likopen.

Sekarang tau kan kenapa sekarang saya suka tomat? Tomat menurut saya adalah sumber Likopen yang murah dan mudah didapat. Menurut penelitian Lycopene/ Likopen memiliki sifat antioksidan yang lebih baik dari vitamin C. Jadi jika anda ingin menangkal radikal bebas supaya awet muda dan jauh dari penyakit cobalah mengkonsumsi tomat secara rutin. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi tomat yang benar supaya kita mendapatkan manfaat Lycopene yang maksimal? Nanti akan saya jabarkan. Sebelumnya anda bisa menyimak beberapa manfaat Likopen untuk tubuh kita:
Buah tomat mengandung antioksidan Lycopene (Likopen) yang mampu menangkal radikal bebas lebih baik dari vitamin C
Buah Tomat Segar

Manfaat Lycopene/ Likopen Dalam tomat

- Mencegah Pengerasan pembuluh darah Arteri (atherosclerosis): Beberapa riset menunjukan bahwa kadar Likopen yang tinggi dalam aliran darah dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah arteri.

- Mengurangi Pembengkakan Prostat: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Likopen dapat membantu/ memperlambat pembengkakan prostate.

- Mengurangi resiko Kanker Payudara: Kadar likopen yang tinggi dalam darah dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara pada wanita. namun beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa Likopen tidak berpengaruh apa-apa terhadap kanker payudara.

- Mengurangi resiko sakit jantung: Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam darah dapat mengurangi resiko serangan jantung. Terutama penyakit jantung yang berhubungan dengan penebalan pembuluh arteri.

- Katarak: Likopen dapat membantu agar penyakit katarak tidak bertambah parah.


- Radang gusi (Gingivitis): Lycopene dapat membantu mengurangi radang gusi.

- Infeksi Human papilloma virus (HPV): Likopen dapat membantu percepatan penyembuhan kanker yang disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV).

- Kanker paru-paru: Lycopene dapat mengurangi resiko kanker paru. Namun beberapa hasil riset masih meragukan hal ini.

- Meningkatkan kesuburan laki-laki: Konsumsi likopen secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma.

- Melindungi kulit dari sinar matahari: Mengkonsumsi likopen dapat mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari (SUNBURN)

Nah, itulah beberapa manfaat Lycopene selain sebagai anti oksidan. Sebenarnya banyak manfaat lainnya, tapi karena hasil risetnya masih meragukan saya enggan menuliskannya disini.

Sebaiknya mengkonsumsi tomat mentah atau dimasak?

Jika anda ingin memanfaatkan tomat sebagai sumber vitamin dan serat. Maka sebaiknya anda mengkonsumsi tomat dalam keadaan mentah, karena vitamin dalam tomat mudah hilang karena panas. Namun jika anda ingin memanfaatkan lycopene dalam tomat secara maksimal. Maka hendaklah anda memasak tomat tersebut. Misalnya dengan cara direbus atau dibuat pasta (saus) tomat. Karena menurut penelitian, kadar likopen dalam tomat akan meningkat jika tomat terkena panas. Likopen yang terikat akan keluar jika tomat dimasak. Selain itu likopen dalam tomat yang sudah dimasak akan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Likopen tidak larut dalam air, tapi larut dalam minyak. Sehingga penyerapan likopen akan lebih mudah jika anda mengkonsumsinya bersama minyak/lemak. Tapi ingat bukan minyak jelantah, pakai minyak yang sehat misalnya minyak zaitun dan jangan banyak-banyak. Dalam memilih tomat pilihlah tomat yang baik. Dari bentuk pilihlah tomat yang mempunyai bentuk yang normal utuh dan tidak cacat. Dari tekstur, pilih tomat yang mempunyai tekstur renyah atau "crunchy" dan tidak terlalu lembek. Dari warna, pilih tomat yang mempunyai warna merah agak oranye.

Last, itulah alasan mengapa akhir-akhir ini saya gemar mengkonsumsi tomat. Selain mengandung serat, tomat juga mengandung antioksidan Lycopene yang memiliki kemampian mengikat radikal bebas lebih baik dari pada vitamin C.

referensi:
http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-554-lycopene.aspx?activeingredientid=554&activeingredientname=lycopene
http://www.drweil.com/drw/u/ART03368/Lycopene.html

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done