Cara Mengambil Screenshot Private Content di Android - NAW_32
News Update
Loading...

Sunday, April 26, 2020

Cara Mengambil Screenshot Private Content di Android

Mengambil tangkapan layar (screenshot) pada smartphone adalah hal yang lumrah dilakukan manusia di jaman ini. Entah digunakan untuk SS percakapan aplikasi chat atau hanya untuk sekedar pamer saldo mobile banking di sosmed. Namun tidak semua aplikasi pada Android bisa di Screeenshot karena bersifat sebagai konten pribadi/private content. Beberapa aplikasi memang sengaja dibuat demikian untuk menjaga keamanan dan privasi data. Jika dipaksakan untuk mengambil screenshot, pasti akan muncul pesan error seperti Unable to take screenshots of private content.

Pada aplikasi PayPal misalnya, ketika kita membuka bagian saldo/balance dan mengambil Screenshot. Maka kita hanya mendapatkan gambar yang gelap dengan tulisan 'Tidak dapat mengambil foto layar dari konten pribadi'. Dengan begini saya tidak dapat pamer SS saldo PayPal ke sosmed, walaupun jumlahnya hanya $ 0,00 saja.
Tidak bisa mengambil screenshot pada konten pribadi
Tidak bisa mengambil screenshot pada konten pribadi

Untuk mengatasi aplikasi android yang tidak bisa di screenshot sebenarnya ada sedikit trik. Kita masih bisa mengambil screenshot lewat Google Assistant. Berikut ini adalah carannya:

Pertama, buka dulu Google Assistant. Cara membuka Google Assistant bisa dengan memencet tombol home sambil ditahan beberapa saat. Bisa juga menggunakan perintah suara Ok, bro Google.
Google Assistant
Google Assistant

Swipe up keatas kemudian klik akun anda.
Google Assistant

Pilih tab Assistant, kemudian scroll ke bawah. Pada bagian Assistant device pilih Phone.
Cara Mengambil Screenshot Private Content di Android

Pada bagian 'General' silakan aktifkan 'Use screen context' dan ' Donate screen captures'.

Ok, sekarang anda bisa mengambil screenshot pada aplikasi yang bersifat konten pribadi dengan bantuan Google Assistant. Caranya dengan membuka dulu aplikasi yang ingin anda screenshot. Misalnya pada contoh kali ini saya ingin mengambil foto layar pada Saldo di aplikasi paypal. Kemudian buka Google Assistant dengan menahan tombol home.
cara mengambil screenshot konten pribadi menggunakan google assistant

Setelah aplikasi Google Assistant muncul, silahkan pilih 'Share screenshot'. Dengan ini Google Assistant akan mengambil Screenshot pada aplikasi yang bersifat konten pribadi.
Screenshot Private content

Setelah itu anda bisa langsung membagikan Screenshot langsung ke sosial media atau menyimpan screenshot tersebut via file manager.
Screenshot Private content

Nah, diatas adalah contoh screenshot dari saldo PayPal yang seharusnya tidak bisa di SS karena bersifat konten pribadi. Namun dengan sedikit trik, aplikasi yang bersifat konten pribadi tersebut bisa diambil screenshotnya.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done