Tutorial: membuat halaman sitemap/daftar isi pada blogspot - NAW_32
News Update
Loading...

Thursday, August 8, 2013

Tutorial: membuat halaman sitemap/daftar isi pada blogspot

Asalamualaikum teman-teman!! Tak lupa sebelumnya saya ingin mengucapkan "Happy Ied Mubarak" mohon maaf lahir dan batin jika saya ada salah kata dan perbuatan dalam blog ini. Baiklah Kali ini saya ingin berbagi tutorial ringan mengenai bagaimana cara membuat halaman sitemap a.k.a daftar isi pada blogspot. Seperti kita ketahui halaman sitemap sangat penting eksistensinya dalam sebuah blog/website. Karena memudahkan pembaca untuk meng-explore isi web kita. Bahkan Salah satu syarat mutlak agar web diterima google adsense ADALAH MEMPUNYAI HALAMAN SITEMAP!

Untuk membuat halaman sitemap ini saya menggunakan javascript yang saya peroleh dari forum ads-id (saya lupa tepatnya). dengan script ini, maka secara otomatis akan menampilkan post2 yang telah kita buat sesuai dengan pengelompokan kategori/label, sehingga terlihat rapi dan memudahkan pengunjung untuk melihat artikel.

Baiklah langsung saja untuk membuat halaman sitemap silahkan lihat petunjuk dibawah ini:
tutorial membuat halaman sitemap pada blogger/blogspot
membuat halaman sitemap

  1. langkah pertama setelah masuk blog kita, klik PAGE
  2. kemudian klik New page
  3. Pilih Blank page
tutorial membuat halaman sitemap pada blogger/blogspot
membuat halaman sitemap


4. Tulis judul misalnya "sitemap"
5. klik "html" mode
6. Kemudian copy/paste kode dibawah ini:

 <script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/8145131807/1sitemap.js"></script>
<script src="http://www.nicois.me/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

catatan: tulisan berwarna merah diganti dengan url blog anda
 
7. terakhir klik "publish"
tutorial membuat halaman sitemap pada blogger/blogspot
membuat halaman sitemap
Nah, untuk melihat halaman sitemap yang telah anda buat silahkan klik "view". Ini adalah halaman sitemap/daftar isi yang telah saya buat http://www.nicois.me/p/sitemap_3165.html:
tutorial membuat halaman sitemap pada blogger/blogspot
membuat halaman sitemap
Itula tutorial ringan mengenai cara membuat halaman sitemap/daftar isi pada blogspot yang saya dibuat pada hari pertama bulan syawal ini. semoga bermanfaat..

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done