Fungsi Vakuola pada sel tumbuhan - NAW_32
News Update
Loading...

Tuesday, April 2, 2013

Fungsi Vakuola pada sel tumbuhan

Dalam sel tumbuhan terdapat organela sel bernama vakuola (vacuole). Vakuola sendiri didalam sel merupakan organela terbesar. Volume vakuola berkukuran 70-80% dari ukuran sel tersebut. Lalu apakah fungsi vakuola tersebut? baiklah akan saya jabarkan:
gambar sel vakuola tanaman
vakuola tanaman
Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan sampah sel (waste deposits), sel dalam daun tidak bisa menyimpan produk sisa-sisa metabolisme atau substansi-substansi xenobiotic contohnya herbisida. Herbisida yang terserap dalam daun akan dibuang ke vakuola.

Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan (storage). Banyak tanaman menggunakan vakuola untuk menyimpan nitrat dan fosfat. Beberapa tanaman menyimpan Malic Acid (Asam Malik) pada vakuola secara temporal pada siklus diurnal. Vakuola juga menyimpan karbohidrat dan protein.

Vakuola mempunyai fungsi penting untuk daur ulang zat-zat yang tidak digunakan lagi oleh sel. Hal ini karena vakuola memiliki enzim hidrolitik untuk mendegradasi makro molekul seperti nucleic acids dan polisakarida.

Dan yang paling penting, dalam tumbuhan non kayu. Vakuola memiliki peranan untuk mengatur turgor sel. Jika melihat tumbuhan yang kekurangan air maka tumbuhan terlihat layu dan tidak tegak. Mekanisme turgor sel adalah, di dalam vakuola terdapat mineral garam yang diambil dari tanah. Sifat garam adalah mengikat air, vakuola yang terisi oleh air akan menekan organela-organela sehingga sel-sel akan memiliki tekanan yang mendorong tanaman untuk tegak (ereksi).

Dalam dunia plant engineering, para peneliti memanfaatkan vakuola untuk menyimpan protein. sehingga dapat menghasilkan tanaman dengan kandungan protein tinggi dengan harga yang murah. Itulah penjabaran singkat tentang fungsi vakuola dari jewawud semoga bermanfaat.

By @NAW_32

sumber: Hans-Walter: plant biochemistry

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done